KUNJUNGAN INDUSTRI ke PT. ADI LUHUNG SARANASEGERA INDONESIA (ASSI)

 

Foto bersama saat melakukan kunjungan industri
ke PT. Adiluhung Saranasegera Indonesia (ASSI)

Kunjungan industri merupakan salah satu program kerja dari HMM. Kunjungan industri adalah salah satu kegiatan pembelajaran diluar kampus, program ini merupakan program pendidikan yang berupaya untuk memperkenalkan budaya pada industri, disiplin kerja dan mengenalkan industri manufaktur. Peserta atau mahasiswa yang mengikuti kunjungan industri, diharapkan memiliki kemampuan dalam menganalisis dan rekayasa, kreatif, inovatif, mandiri, serta memiliki integritas kepribadian dan keilmuan yang tinggi dalam mengikuti perkembangan teknologi industri. Kunjungan industri bertujuan untuk memperluas pengetahuan dan wawasan tentang dunia industri serta dapat menumbuhkan rasa percaya diri. Selain itu, kegiatan kunjungan industri mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung terhadap dunia kerja.

Kunjungan industri ini dilaksanakan pada hari Selasa, 18 Juli 2023 ke PT. Adiluhung Saranasegera Indonesia (ASSI) yang berlokasi di Bangkalan, Tujuan dari dilaksanakan kegiatan kunjungan industri antara lain:
1.    Pemahaman Proses Produksi
       Salah satu tujuan utama dari kunjungan industri adalah memungkinkan mahasiswa untuk memahami secara mendalam proses produksi yang terlibat dalam pembuatan produk atau layanan, dalam kegiatan ini PT. Adiluhung Saranasegera Indonesia bergerak pada bidang reparasi kapal atau pembuatan kapal, sehingga mahasiswa mengetahui tahapan-tahapan pembuatan atau perbaikan kapal.

2.    Networking
       Kunjungan industri adalah kesempatan untuk membangun jaringan dengan para profesional dalam industri tersebut. Ini dapat membantu mahasiswa memperluas kontak mereka, mendapatkan wawasan tentang peluang karir, dan mendapatkan pandangan dari para ahli.

3.    Studi Kasus dan Pembelajaran Praktis
       Bagi mahasiswa, kunjungan industri dapat berfungsi sebagai studi kasus praktis, ini memungkinkan mahasiswa menerapkan pengetahuan teoritis  yang diperoleh dalam konteks dunia nyata.

4.    Pengalaman yang Berharga
       Kunjungan industri memberikan pengalaman berharga yang tidak dapat diperoleh dari buku teks maupun saat perkuliahan.

Kunjungan industri adalah peluang berharga untuk memperluas pengetahuan, mengambangkan keterampiran, dan memahami lebih dalam tentang industri tertentu. Kegiatan ini juga dapat membantu dalam pengembangan karir, peningakatan keterampilan, dan penelitian terkait industri tertentu.

Posting Komentar

0 Komentar